Langsung ke konten utama

Bagaimana Menentukan Air Flow Kipas Angin AC


Jika sebuah air conditioner memiliki satuan pk untuk menentukan luas jangkauan ruangnya, air cooler atau kipas angin ac juga memiliki satuan air flownya sendiri. Pada sebuah air cooler, semakin tinggi air flow yang dimiliki berarti semakin tinggi juga volume udara yang dapat dihasilkan oleh alat penyejuk ruangan tersebut. Hal ini perlu anda perhatikan karena air flow sebuah air cooler akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan air cooler atau kipas angin ac tersebut untuk menyejukkan ruangan. Jika anda menggunakan air cooler yang memiliki air flow kecil di ruangan yang luas, maka ruangan bisa lama terasa sejuk atau bahkan kesejukannya tidak akan bisa mencapai seluruh bagian ruangan. Namun jika anda menyalakan air cooler dengan air flow tinggi di ruangan yang kecil, ruangan akan cepat menjadi lebih sejuk. 

Semakin besar air flow yang dimiliki oleh alat penyejuk ruangan juga berarti udara yang ada di tempat dimana alat penyejuk ruangan tersebut dinyalakan akan semakin cepat lembab. Anda harus memastikan ventilasi ruangan juga disesuaikan dengan air flow sebuah air cooler, semakin tinggi air flow air cooler tersebut maka ventilasi udara di ruangan tersebut juga harus banyak atau lebar agar sirkulasi udara di ruangan tersebut tetap stabil dan anda dapat menikmati hembusan angin yang dikeluarkan oleh air cooler atau kipas angin ac secara maksimal.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk mengukur apakah air flow air cooler yang akan anda beli atau sudah anda miliki memang cukup dan sesuai untuk ruangan di rumah anda dan bagaimana anda mengetahui air flow suatu alat penyejuk ruangan?

Informasi air flow sebuah alat penyejuk biasanya terdapat di kardus dari alat penyejuk ruangan tersebut. Ada juga yang keterangannya tertera di bagian body air cooler, atau di buku panduan yang merupakan kelengkapan pendukung yang anda dapatkan saat membeli sebuah alat elektronik rumah tangga. 

Untuk menghitung air flow air cooler yang anda butuhkan untuk sebuah ruangan, anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Volume Ruangan
Anda perlu menghitung berapa volume dari ruangan anda yang nantinya akan diletakkan alat penyejuk ruangan di sana. Cara menghitungnya adalah dengan menghitung panjang dikali lebar, dan dikali tinggi.

2. Rasio Pergantian Udara
Rasio pergantian udara ini adalah berapa kali udara dapat bersirkulasi di suatu ruangan dalam kurun waktu satu jam. Semakin besar rasio pergantian udara yang dimiliki ruangan tersebut, maka semakin besar juga air flow yang dibutuhkan untuk menjangkau seluruh ruangan tersebut. Standar penggunaan rasio pergantian udara yang dimiliki oleh setiap air cooler memang berbeda, namun lebih baik anda menggunakan hitungan 12 kali pergantian udara per jam agar anda tidak merasa kecewa dengan performa alat penyejuk ruangan yang akan anda beli.

Setelah mengetahui volume ruangan dan rasio pergantian udara, anda hanya perlu mengalikan volume ruangan dan rasio pergantian ruangan. Mari kita coba dengan contoh anda memiliki ruangan dengan luas 3x4m dan tinggi 3 meter. Lalu berapakah air flow air cooler yang anda butuhkan untuk menyejukkan ruangan tersebut?

Jawabannya mudah saja, anda hanya perlu menghitung 3 (panjang ruangan) dikali 4 (lebar ruangan) dikali 3 (tinggi ruangan), maka anda akan mendapatkan 36 m3. Lalu jumlah tadi tinggal anda kalikan dengan rasio pergantian udara yaitu 36 m3 x 12/jam, maka anda akan mendapatkan hasil 432 m3/jam. Itu berarti air flow dari alat penyejuk ruangan yang anda butuhkan adalah sebesar 432 m3/jam agar anda dapat merasakan kesejukkan maksimal di dalam ruangan dari sebuah alat penyejuk ruangan.

Nah, tidak terlalu sulit kan untuk menghitung berapa besaran air flow air cooler atau kipas angin ac yang anda perlukan. Jangan lupa juga untuk selalu menyesuaikan jenis air cooler yang akan anda beli dengan kebutuhan anda dan besaran air flow yang anda butuhkan agar anda bisa merasakan manfaat dari alat penyejuk ruangan dengan lebih maksimal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Kamera yang Banyak Dipakai Fotografer Terkenal

4 Usaha Kreatif dan Potensial yang Bisa Anda Jalankan di Tanah Abang

Tanah Dijual Area Malang