Langsung ke konten utama

4 Usaha Kreatif dan Potensial yang Bisa Anda Jalankan di Tanah Abang


tanah abang foto:kompasiana.com

Pelaku usaha apa pun tentu harus memiliki konsumen yang tertarget agar cepat sukses. Kalau Anda ingin buka usaha kreatif di Jakarta, seperti tekstil, mungkin sebaiknya beli apartemen Jakarta yang berlokasi di Tanah Abang. Sebab, Tanah Abang merupakan salah satu titik teramai di Jakarta Pusat. Dominasi usaha yang dijalani seputar dunia tekstil atau kain. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk usaha lain.
Belakangan ini, memang ada wacana tentang anjuran membangun ekonomi desa daripada harus merantau. Wacana itu memang tepat. Tetapi tidak sedikit orang desa yang minim modal awalnya. Kan bisa utang? Utang yang paling efektif itu kalau usaha sudah berjalan. Jadi tinggal beri suntikan modal. Kalau masih baru? Pastinya perlu promo dan debut yang bagus. Seperti 7 usaha yang bisa dijalani di Tanah Abang ini.

1.                  Jualan Kain di Tanah Abang
Kenapa bukan jualan pakaian yang sudah jadi? Boleh saja. Namun usaha pakaian kurang menarik pembeli. Mereka lebih suka membeli yang masih versi kain. Oleh karena itu, banyak yang berlomba-lomba memproduksi kain yang berkualitas agar bisa bersaing di pasaran. Kalau belum punya modal untuk menyewa lapak penjualan, bisa dengan menjadi karyawan toko kain.
Setelah uang sudah terkumpul banyak, maka sudah saatnya beraksi sendiri. Apalagi kalau banyak pelanggan yang merasa puas dengan layanan Anda saat menjadi karyawan. Begitu Anda mulai usaha penjualan kain sendiri, pasti mereka akan mencari-cari Anda. Inilah untungnya tinggal di Tanah Abang. Lokasi Anda berjualan dengan rumah jadi dekat dan minim biaya jalan.

2.                  Buka Usaha Konfeksi
Ketika stok kain berada dalam satu lokasi, Anda tinggal buka usaha untuk pembuatan pakaian yang sudah jadi. Bisa dimulai dengan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Misalnya dengan menyewa satu ruangan apartemen Jakarta di daerah Tanah Abang sebagai permulaan. Rekrut beberapa karyawan yang mengerti cara mengoperasikan mesin potong, jahit, obras, dan lainnya.
Kalau dirasa usaha konfeksi membaik, maka tinggal tambah lagi ruangan yang perlu disewa. Tentunya untuk kebutuhan gudang, maupun khusus untuk beberapa pekerjaan spesialisasi. Adapun pasar pakaian yang tertarget jangan lempar ke Tanah Abang lagi. Tetapi bisa disuplay ke berbagai toko pakaian di sekitar Senayan City dan Thamrin City karena masih satu lokasi.
Namun kalau sudah siap barang, maka yang lebih afdal itu buka toko online, saja. Atau rekrut sales offline maupun online. Biasanya banyak yang berminat mengingat mencari pekerjaan zaman sekarang tergolong sulit. Nanti besaran beban pembayaran bisa Anda atur sendiri. Pemanfaatan dunia sales dan ranah online sangat mampu mendongkrak usaha konfeksi lebih cepat.

3.                  Usaha Jasa Transportasi Angkutan Umum
Asal suatu daerah punya banyak pasar, maka bisnis jasa angkutan umum tiada matinya. Ini dirasakan betul oleh banyak sopir sekaligus pemilik angkutan umum. Jauh berbeda saat mereka membuka usaha bidang transportasi di pedesaan. Ekspansi sepeda motor ke pedesaan sudah semakin menjadi-jadi. Akibatnya, peran jasa angkutan umum semakin surut.
Ada satu hal yang perlu dipertimbangkan. Kawasan Tanah Abang beberapa sudah dijajaki oleh bus Transjakarta. Namun tidak semua rute dilalui bus Transjakarta. Nah, ambil rute yang masih kosong itu. Tidak perlu khwatir pada awalnya susah cari banyak penumpang. Berhubung peminat properti di Tanah Abang selalu meningkat, maka ini bukan soal untuk Anda.

4.                  Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner memang merupakan bisnis yang paling banyak ditekuni. Menilik dari fakta itu, jelas kalau usaha ini sudah pasti banyak saingannya. Kendati demikian, hal itu tidak menutup kemungkinan untuk sukses di bidang ini. Salah satu kunci berhasil di bisnis kuliner Tanah Abang itu ialah dengan menonjolkan ciri khas.
Misalnya, Anda seorang warga pendatang dari Purworejo. Maka, untuk menyiasati persaingan, tentu dengan berjualan makanan khas yang berasal dari tempat kelahiran Anda yang umumnya masih asing di Tanah Abang.
Dengan begitu, Anda hampir tidak memiliki saingan sama sekali. Saat orang-orang berjualan ketroprak atau kerak telor, maka Anda bisa jualan lanting atau cenil. Makanan yang khas sangat mengundang selera orang yang sudah terlalu jenuh dengan makanan itu-itu saja. Anda bisa menjadi pembaharu sekaligus mengenalkan makanan khas dari daerah asal Anda ke khalayak Tanah Abang.

Punya bisnis sendiri sekaligus bisa dekat dengan keluarga memang menjadi impian indah bagi semua orang. Berapa banyak perantau yang pergi selama berbulan-bulan? Selama itu, mereka jauh dari anak dan istri. Pulang-pulang hanya menjelang Idul Fitri. Kebahagiaan dalam keluarga pasti akan terasa ada yang kurang. Kalau Anda belum bisa beli rumah sendiri, bisa dengan membeli apartemen Jakarta terlebih dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Kamera yang Banyak Dipakai Fotografer Terkenal

Tanah Dijual Area Malang